Ratusan Mahasiswa STkindo Wira Utama Ucap Janji Pra Klinik

Asep Ikhsan: Mahasiswa STkindo Wira Utama Harus Berjiwa Bedas untuk Bersaing Secara Global

foto

Saufat Endrawan

Ratusan Mahasiswa STKindo Wira Utama Ciparay Ucap Janji Pra Klinik di Graha Wirakarya Ciparay, Kabupaten Bandung, Senin (15/7) pagi

Opininews.com, Ciparay -- Tenaga Perawat lulusan Sekolah Tinggi Kesehatan Indonesia (STkindo) Ciparay Kabupaten Bandung harus siap bersaing dengan tenaga medis asing dari luar negeri.

"Untuk mampu bersaing dengan tenaga medis asing maka harus memiliki jiwa Bangkit Edukatif Agamis dan Sejahtera (Bedas). Saat ini persaingan bukan hanya di dalam negeri saja. Namun sudah dengan tenaga medis asing untuk mendapatkan kerjaan. Namun alhamdulilah lulusan kami hampir 100 persen sudah bekerja di rumah sakit dan poliklinik baik yang ada di Indonesia juga luar negeri," kata Ketua Yayasan Pendidikan Pengembangan Generasi Muda Indonesia (YPPGMMI) Ciparay Kabupaten Bandung , H. Asep Ikhsan, SE, S.Pd, MM kepada www.opininews.com, usai membuka kegiatan Ucap Janji Pra Klinik 360 Mahasiswa STkindo Wira Utama Ciparay Kabupaten Bandung di Graha Wirakarya, Ciparay, Senin (15/7) pagi.

Pada kegiatan ini hadiri Rektor dan jajaranya, para dosen, ketua ikatan perawat Kabupaten Bandung, Kapolsek Ciparay, Camat serta orang tua mahasiswa.

Asep Ikhsan mengatakan ratusan mahasiswa yang Ucap Janji Pra Klinik, adalah 360 mahasiswa yang akan melakukan tugas profesinya atau magang di tempat layanan kesehatan seperti rumah sakit, poliklinik, Puskesmas serta tempat layanan kesehatan lainnya.

"Inilah bukti bahwa profesi perawat dan bidan tidak akan pernah tergantikan oleh robot sekalipun. Sehingga lulusan STkindo Wira Utama Ciparay sudah ribuan lulusannya yang bekerja baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti di Jepang, Korea, Singapura dan Malaysia," ungkap Asep Ikhsan yang saat tercatat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bandung 2024-2029 hasil Pilkada 14 Februari 2024 lalu.

Saat STkindo Wira Utama Ciparay bernaung di YPPGMI.

Pada tahun ajaran 2024-2025 sedikitnya 450 calon mahasiswa telah terdaftar.

STkindo Wira Utama memiliki Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan dan Studi D3 Kebidanan.

Rektor STkindo Wira Utama, Prof Abdul Somad, membenarkan lulusannya tidak akan khawatir untuk bersaing dengan tenaga medis asing. Karena lulusannya telah di didik dan di bina secara profesional untuk menghadapi persaingan global.

"Mahasiawa Sekolah tinggi kesehatan indonesia Wira Utama melaksanakan ucap janji pra klinik ini dasarnya sesuai undang – undang kesehatan nomor 17 tahun 2023 tentang mengamanatkan bahwa seluruh peserta seluruh mahasiswa harus memiliki jiwa semangat dan memiliki komitmen terhadap kesehatan. Berbicara kesehatan berhubungan juga dengan nyawa seseorang. Kami harus komitmen untuk mempersiapkan tenaga – tenaga kesehatan yang profesional,” jelas Prof Abdul Somad.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya