Djamu Kertabudi Puji Kepemimpinan Kang DS

Djamu Kertabudi: Pembangunan Kang DS Dapat Dirasakan Segenap Masyarakat Kab. Bandung

foto

Saufat Endrawan

Dosen Pasca Sarjana Unnur Bandung Puji Kinerja Bupati Bandung

Opininews.com, Bandung -- "Universal Health Coverage" atau cakupan kesehatan Semesta yang lebih dikenal dengan singkatan UHC ini merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga masyarakat dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, prepentif, kuratif, dan rehabilitasi, bermutu dengan biaya terjangkau.

"Dengan demikian, UHC mengandung dua elemen inti yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, dan Perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. Pemerintah pusat sudah menerapkan sistem ini sejak tahun 2014, maka dari itu, dari tahun ke tahun selalu melakukan monitoring dan evaluasi sejauh mana pemerintah daerah konsisten mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai salah satu program stratifikasi nasional ini. Terlebih pemerintah pusat telah menentukan target 98% bagi penduduk secara nasional sebagai peserta yang terdaftar dalam program ini," jelas Dosen Pasca Sarjana Universitas Nurtanio (Unnur) Bandung, Dr. H. Djamu Kertabudi kepada www.opininews.com, di Bandung, Rabu (14/8) siang.

Dalam hal ini lanjut, Djamu yang juga Mantan Pejabat Kabupaten Bandung, menyatakan, Kang DS sebagai Bupati Bandung memperoleh penghargaan atas prestasinya yang luar biasa berupa "Universal Health Coverage Award", karena telah berhasil mencapai 99,57% penduduk Kabupaten Bandung terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan telah melampaui target nasional.

"Selama 3,5 tahun memimpin Kabupaten Bandung, Pak Dadang Supriatna sudah ratusan penghargaan atas prestasi di berbagai bidang yang berkaitan dengan kinerja pemerintahan di raihnya. Sehingga dalam tiga tahun berturut-turut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai parameter capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup, bahwa IPM Kabupaten Bandung selalu berada diatas rata-rata Provinsi Jawa Barat. Ini sebuah kebanggan Rakyat Kabupaten Bandung memiliki Bupati yang terus neningkatkan kinerjanya," aku Djamu.

Lebih jauh Djamu mengatakan, dalam konteks kontestasi pilkada 2024 di Kabupaten Bandung, Pak Dadang Supriatna, sebagai kandidat, dari berbagai hasil survey dari lembaga survey nasional menunjukan elektabilitas (tingkat keterpilihan) tertinggi dengan selisih yang cukup jauh dibandingkan dengan kandidat lainnya.

"Ini sebagai bukti bahwa masyarakat kabupaten Bandung telah mengetahui dan merasakan manfaat dari berbagai pembangunan yang dihasilkan dari kinerja pemerintahan yang baik saat ini. Wallohu A'lam," Jelas Djamu.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Cucun A.S: Pilkada di Kab. Bandung Harus Seperti Tanding Sepak Bola Persahabatan
Nasdem Selalu Bersama Kang DS Bangun Kabupaten Bandung
Dadang Supriatna Terima Ran Pe Award dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Pasangan Dadang Supriatna - Ali Syakieb Daftar ke KPU Kab. Bandung Tanggal 29 Agustus 2024
Dadang Supriatna Terima Surat B1KWK dari Ketua DPD PDI-P Jabar Ono Surono dan Ketua DPP Nababan